Tentang

Tentang aplikasi ini.

SisterFani adalah singkatan dari Sistem Informasi Terpadu, Fast and Nice Interface. Berangkat dari motivasi untuk mewujudkan suatu sistem informasi umum tentang suatu sekolah, di mana informasi tersebut harus cepat disajikan, dan juga harus mudah dioperasikan oleh siapa pun, termasuk orang awam. Dengan demikian, SisterFani harus cerdas. Diusahakan pengguna sedikit dan sesingkat mungkin menyentuh mouse dan keyboard. Menu-menu bertingkat yang bertele-tele dihapus, diganti dengan menu-menu yang bisa memprediksi apa yang diinginkan pengguna, lalu segera menampilkan walau pun pengguna belum mengklik tombol Submit.

Tidak seperti aplikasi lain yang dibangun menggunakan Framework canggih —seperti CodeIgniter, Laravel, dan CakePHP— SisterFani justru bisa berjalan hanya dengan konfigurasi minim, yaitu Apache atau Nginx, PHP, MySQL, Bootstrap, dan JQuery. Juga dirancang agar multisite yang berarti beberapa sekolah bisa menggunakannya tanpa perlu menyalin file-file PHP ke folder atau ke web server lain. Masalahnya, setiap sekolah mempunyai aturan dan sistem sendiri. Di sinilah tantangan yang harus bisa diatasi oleh SisterFani.

© Copyright 2018 by Mawan A. Nugroho.
All rights reserved.

Facebook: https://www.facebook.com/masmawan
Twitter: https://www.twitter.com/mawan911
Instagram: https://www.instagram.com/mawan911

Di awal tahun pelajaran baru, Wakasek bidang Kurikulum mengetik jadwal pelajaran di sebuah file Microsoft Excel khusus yang telah dilengkapi dengan macro VBA. File ini kurang lebih berisi informasi kode guru pada hari anu jam sekian mengajar di kelas apa. Pada beberapa sekolah, pekerjaan ini dilakukan oleh Ketua Program Keahlian (Kaprog) alias Kajur sehingga bila di sekolah tersebut ada 5 jurusan maka akan ada 5 file, yang tentunya dirancang khusus untuk setiap jurusan.
Setelah jadwal selesai dirancang, Wakasek bidang Kurikulum atau Kaprog mengklik sebuah icon di ribbon berlabel "Upload". Oleh VBA, data di lembar kerja diunggah ke server SisterFani dan hasilnya bisa langsung dilihat oleh guru maupun siswa.

Selanjutnya, untuk absensi, setiap hari Ketua Kelas diberi lembar monitoring. Lembar ini berisi laporan siswa yang tidak hadir dan guru yang tidak mengajar. Ketika pulang sekolah, lembar monitoring diserahkan ke guru piket untuk kemudian guru piket mengetik di SisterFani.
Rekapitulasi ketidakhadiran guru dan siswa bisa dimonitor oleh Kepala Sekolah dan Kajur. Sedangkan guru BK hanya bisa melihat siswa yang tidak hadir. Wali kelas hanya bisa melihat siswa kelasnya saja.

Mengatur jadwal pelajaran di Excel.
Atur jadwal pelajaran di Excel

Wakasek bidang Kurikulum, atau Ketua Program Keahlian, kesulitan bila harus mengetik jadwal satu-per-satu di web browser. SisterFani menjawab: "Tak perlu web browser. Kerjakan saja di Microsoft Excel. Bila telah selesai, klik tombol Upload di ribbon Excel. Biarkan SisterFani yang mengerjakan sisanya."
Tidak diperlukan phpMyAdmin, FTP, SSH, bahkan web browser! Yang penting ada Excel dan Internet. Titik.

Cetak daftar hadir menggunakan Excel.
Cetak daftar hadir guru di Excel

Sebenarnya absensi bisa online dan paperless, tapi terkadang ada sekolah yang masih membutuhkan hardcopy. Tidak masalah. SisterFani bisa membuatkan otomatis. Data diambil dari web, kemudian diletakkan di sheet Microsoft Excel. Selanjutnya terserah anda. Mau diprint pun oke.
Sekali lagi: Tidak diperlukan web browser. Hanya perlu Microsoft Excel dan Internet. Bukankah komputer diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia?

Biodata Siswa dan Guru
Biodata Siswa dan Guru

Data yang tersentral berarti selalu up to date. Bila siswa mengganti nomor HPnya, maka SisterFani tahu ke nomor mana SMS pemberitahuan harus dikirimkan. Data bisa diunduh menjadi berbentuk file Excel. Tentu saja dengan tingkat keamanan berbeda. Wali Kelas hanya bisa mengunduh data siswa kelasnya saja. Ketua Program Keahlian bisa mengunduh data siswa satu jurusan. Sedangkan Kurikulum bisa mengunduh seluruh data siswa.

Dashboard informasi absensi
Informasi Ketidakhadiran Siswa dan Guru

Untuk Kepala Sekolah, Kurikulum, BK, dan Ketua Program Keahlian, ditampilkan daftar jumlah ketidakhadiran siswa dan guru. Untuk wali kelas hanya tampil siswa di kelasnya saja.

Jadwal pelajaran kelas
Jadwal Pelajaran Kelas

Setelah Wakasek bidang Kurikulum mengunggah jadwal mengajar yang diketik di Excel, siswa bisa langsung mengetahui nama-nama guru yang mengajar di kelasnya. Tak perlu lagi memfotokopi berlembar jadwal untuk dibagikan ke kelas-kelas.

Jadwal mengajar guru
Jadwal Mengajar Guru

Di awal tahun pelajaran baru, sering terjadi perubahan jam mengajar akibat bentrok. Dengan SisterFani, perubahan bisa langsung dilihat oleh semua guru. Bila perlu, setiap guru dikirimi SMS yang mengingatkan pada hari itu ada jadwal mengajar di kelas apa?

Entry ketidakhadiran
Absensi Guru dan Siswa

Mendata guru dan siswa yang tidak hadir bukanlah hal yang merepotkan. Guru piket kadang hanya perlu menekan 2 tombol keyboard dan satu klik kali mouse. Terima kasih untuk JQuery yang memungkinkan terwujudnya konsep SisterFani yang "Fast" dan "Nice".

Informasi SPP
Modul tambahan untuk bank

Bila sekolah bapak/ibu bekerja sama dengan Bank untuk menerima pembayaran SPP, maka SisterFani bisa dikonfigurasi agar mampu berkomunikasi dengan Bank lalu memunculkan hasilnya secara cepat dan akurat, seolah bank adalah bagian dari SisterFani.

Dan masih banyak lagi
Dan masih banyak lagi!

Sebut saja apa yang dibutuhkan oleh sekolah bapak/ibu. Perpustakaan? PPDB / PSB? Dengan skema pembayaran modul tambahan, bapak/ibu bisa memilih modul mana yang ingin dipakai dan modul mana yang tidak dibutuhkan, sehingga biaya bisa ditekan lebih murah.

Beberapa perusahaan IT menawarkan aplikasi sejenis ini dengan sistem sewa bulanan bertarif Rp 10.000-Rp 15.000 untuk setiap siswa. Misalkan sekolah bapak/ibu mempunyai 1000 siswa, maka perbulan biaya yang dikeluarkan adalah Rp 10 juta-Rp 15 juta, atau dalam setahun bisa mencapai Rp 180 juta. Aplikasi mode desktop yang dibuat hanya untuk satu modul tertentu (misalnya aplikasi nilai raport), beberapa developer menawarkan tarif sekitar Rp 10 juta-Rp 15 juta pertahun. Umumnya bukan aplikasi online, tapi aplikasi Macro Excel yang didistribusikan ke setiap guru menggunakan flash drive.

Karena SisterFani dibangun oleh seorang guru dan bukan perusahaan IT, maka saya menyebutnya bukan tarif atau harga, melainkan "donasi", yang tentunya jauh lebih murah dari pada aplikasi komersial. Untuk mendiskusikan hal ini, silakan hubungi saya melalui

Bapak/ibu juga bisa mencoba terlebih dulu secara gratis. Saya yang menyiapkan server dan segala aplikasi di sisi server. Bapak/ibu cukup menyediakan satu atau dua orang untuk melakukan setup di sisi sekolah. Petugas pertama untuk mengetik jadwal pelajaran, nama-nama siswa, dan nama-nama guru di sebuah file Excel. Petugas ke dua untuk mengetik ketidakhadiran siswa dan guru, setiap hari, menggunakan web browser.

Jangan khawatir tentang kerahasiaan. Yang dibutuhkan hanya Nomor Induk Siswa (NIS), nama lengkap, kelas. Untuk guru hanya nama panggilan, nama lengkap, dan kode guru. Tidak perlu email, nomor HP, nama orang tua, foto, dsb. Saya juga tidak membackup. Bila bapak/ibu menghapus data, maka data itu benar-benar terhapus permanen.

Bila sekolah Bapak/ibu serius berminat mencoba aplikasi ini, bapak/ibu bisa membuat surat permohonan berkop sekolah, berstempel, dan ditandatangani kepala sekolah. Ditujukan ke:

Mawan A. Nugroho, M.Kom
d/a SMK PGRI 1 Kota Tangerang
Jalan Perintis Kemerdekaan 2
Kompleks Pendidikan dan Perkantoran Cikokol
Kota Tangerang 15118

Saya akan mengirim satu buah file Excel berisi Macro VBA, di mana operator sekolah bisa mengunggah sendiri data yang dibutuhkan oleh SisterFani yaitu jadwal pelajaran, data siswa, dan data guru.

Untuk sekolah yang telah menyumbang donasi, akan dikirim juga macro Excel untuk mencetak Absensi Guru dan untuk mengunduh laporan ketidakhadiran siswa, yang biasa digunakan oleh wali kelas untuk dicantumkan di buku rapor.

Sebagai bonus, sekolah yang telah memberi donasi, website SisterFani untuk sekolah tersebut akan dipindah ke IDC Duren Tiga Jakarta, agar akses semakin cepat. Paket gratis diletakkan di server yang berada di Jerman.

Perbedaan Paket SisterFani

Fitur Paket
Gratis Standar Bank
Upload jadwal pelajaran menggunakan Excel Ya Ya Ya
Upload akun siswa dan guru menggunakan Excel Ya Ya Ya
Melihat jadwal pelajaran via web Ya Ya Ya
Cetak lembar absensi guru menggunakan Excel - Ya Ya
Input ketidakhadiran siswa dan guru via web Ya Ya Ya
Melihat ketidakhadiran siswa dan guru via web Ya Ya Ya
Download ketidakhadiran siswa dan guru (Excel) - Ya Ya
Input biodata siswa via web Ya Ya Ya
Download biodata siswa (Excel) - Ya Ya
Sembunyikan halaman "Tentang" - Ya Ya
Server dalam negeri (lebih cepat) - Ya Ya
Tampilkan informasi tagihan Bank - - Ya
Mengontrol password Moodle - - Ya